Visi dan Misi Kota Gunungsitoli

  
VISI :

"KOTA GUNUNGSITOLI YANG MAJU, NYAMAN DAN BERDAYA SAING"
Makna yang terkandung dalam visi tersebut adalah sebagai berikut :
Kota Gunungsitoli :    
Meliputi seluruh wilayah administrasi dan masyarakat kota Gunungsitoli yang terbentuk berdasarkan Undang – Undang Nomor 47 Tahun 2008 tentang Pembentukan Kota Gunungsitoli di Provinsi Sumatera Utara.

Maju :    
Menunjukkan adanya progress mencapai tingkat yang lebih baik dari sebelumnya, terutama dicirikan oleh semakin meningkatnya kualitas manusia, meningkatnya kualitas pelayanan publik, meningkatnya daya beli masyarakat, serta meningkatnya kualitas kehidupan masyarakat yang tercermin dari meningkatnya pemenuhan kebutuhan perumahan secara layak, meningkatnya akses masyarakat terhadap sanitasi dan tersedianya infrastruktur secara memadai.

Nyaman :    
Suatu kondisi dimana kualitas lingkungan terpelihara dengan baik melalui pembangunan yang berwawasan lingkungan, sehingga dapat memberikan kesegaran dan kesejukan bagi penghuninya. Kota yang nyaman adalah suatu kondisi dimana berbagai kebutuhan dasar manusia seperti tanah, air, dan udara terpenuhi dengan baik sehingga nyaman untuk ditinggali serta ruang-ruang kota dan infrastruktur pendukungnya responsif terhadap berbagai aktifitas dan perilaku penghuninya.

Berdaya Saing :    
Kapasitas pemerintah daerah dan masyarakat Kota Gunungsitoli yang memiliki kemampuan, ketangguhan serta keunggulan menghadapi tantangan dan persaingan global.

 
MISI :
1. Membangun masyarakat yang berkualitas dan berdaya saing.
2. Membangun perekonomian yang kokoh dan berkeadilan.
3. Membangun infrastruktur wilayah serta pemanfaatan ruang yang berwawasan lingkungan.
4. Menghadirkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel, profesional, dan melayani.
5. Memperkokoh kehidupan sosial kemasyarakatan yang berbudaya, religius dan taat hukum.
Penjelasan misi dimaksud adalah sebagai berikut :
Misi 1. Membangun masyarakat yang berkualitas dan berdaya saing
Misi ini merupakan upaya dalam membangun sumberdaya manusia yang sehat, cerdas dan berbudaya yang pada gilirannya akan menjadi manusia yang produktif, kompetitif, dan dilandasi akhlak mulia sebagai kunci dari keberhasilan pelaksanaan misi yang lainnya. Dalam misi ini sekaligus memberikan perhatian pada kesetaraan gender, meningkatnya peran pemuda dalam pembangunan serta meningkatnya prestasi olah raga.

Misi 2. Membangun perekonomian yang kokoh dan berkeadilan
Misi ini merupakan upaya pencapaian tujuan pembangunan dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat terutama kesejahteraan di bidang ekonomi yang dicapai melalui pertumbuhan ekonomi yang stabil dan berkelanjutan serta meningkatkan kemandirian yang berlandaskan persaingan sehat serta memperhatikan nilai-nilai keadilan, kepentingan sosial, dan berwawasan lingkungan dan berbasis pada potensi sumber daya lokal. Dalam misi ini akan memberikan perhatian pada peningkatkan kesempatan kerja dan perlindungan tenaga kerja, penciptaan iklim usaha yang kondusif, pengembagan potensi pertanian dan perikanan, pemberdayaan koperasi dan UMKM dan pengembangan pariwisata yang berdaya saing dan bekelanjutan.

Misi 3. Membangun infrastruktur wilayah serta pemanfaatan ruang yang berwawasan lingkungan
Misi ini merupakan upaya dalam rangka menyediakan sarana dan prasarana wilayah yang berkualitas guna mendukung kegiatan sosial ekonomi masyarakat. Misi ini juga dimaksudkan untuk menciptakan kenyamanan bagi seluruh warga Kota Gunungsitoli melalui pembangunan infrastruktur yang memperhatikan daya tampung dan daya dukung lingkungan, serta perhatian terhadap pengurangan resiko bencana.

Misi 4. Menghadirkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel, profesional, dan melayani
Misi ini merupakan upaya Pemerintah Daerah menghadirkan pelayanan birokrasi pemerintah yang prima, menjalankan fungsi birokrasi sebagai pelayan masyarakat yang didukung dengan kompetensi aparat yang professional dan system modern berbasis IPTEK menuju tatakelola pemerintahan yang baik (Good Governance) dan pemerintahan yang bersih (Clean Government). Dalam misi ini birokrasi sebagai salah satu aktor penting dalam pembangunan harus mampu dan dapat dipercaya, sehingga pada gilirannya dapat menjalankan kewajibannya dalam melayani masyarakat secara prima. Tiga pilar kepemerintahan yang baik yaitu pemerintah, masyarakat, dan swasta memiliki peran yang sama dan harus berkolaborasi dalam melaksanakan aktivitas pembangunan. Misi ini menjiwai dan menjadi dasar implementasi misi-misi yang lain.

Misi 5. Memperkokoh kehidupan sosial kemasyarakatan yang berbudaya, religius, dan taat hukum
Misi ini merupakan upaya untuk mewujudkan lingkungan sosial yang aman, damai, dan tertib sehingga kesejahteraan masyarakat sebagai tujuan akhir pembangunan dapat tercapai. Perbedaan pemahaman terhadap keragaman agama dan budaya; perbedaan kondisi sosial-ekonomi; masalah kemiskinan dan kepadatan penduduk; berbagai permasalahan sosial lain seperti merebaknya peredaran miras dan narkoba, prostitusi, dan perjudian serta kecenderungan meningkatnya kriminalitas, merupakan faktor-faktor potensial untuk timbulnya gangguan ketertiban, keamanan dan ketentraman dalam masyarakat.
Melalui misi ini diharapkan dapat diwujudkan rasa aman, tenteram, dan damai dalam kehidupan masyarakat dengan mengeliminasi ketegangan dan ancaman konflik; menurunkan angka kriminalitas; meningkatkan ketertiban umum; mengembangkan semangat kebangsaan dan cinta Tanah Air; mewujudkan kehidupan politik yang sehat, demokratis, dan dinamis; memantapkan kelembagaan demokrasi yang lebih kokoh; memperkuat peran masyarakat sipil; meningkatkan kesadaran hukum, menegakkan hukum secara adil, konsekuen, dan tidak diskriminatif serta terpeliharanya nilai – nilai budaya ono niha sebagai kearifan lokal dalam kehidupan sehari – hari.
https://perizinan.gunungsitolikota.go.id/files/thumb/bacd5a43d97f9b7/210/280/fit https://perizinan.gunungsitolikota.go.id/files/thumb/d9e34256a0eb73e/210/280/fit

Status Permohonan

Daftar Permohonan

Permohonan Diterbitkan

Permohonan Belum Diambil

Jajak Pendapat

Bagaimana menurut anda tampilan website DPMPPTSP ini?

  • Bagus – 7 Votes
    70%
  • Sedang – 2 Votes
    20%
  • Kurang Bagus – 1 Votes
    10%
Total votes: 10

Survey 1

Survey Kepuasan Masyarakat (SKM)

  Lihat Hasil